TAKUT PUTUS DIJALAN INI WAKTU TEPAT GANTI TIMING BELT PADA MOBIL

 


Sering saya temui mobil mogok diderek ke bengkel karena kerusakan timing belt dan ternyata pemilik tidak tahu penyebab rusaknya itu apa.Karena perlu diperhatikan ya teman teman bahwa jika timing belt putus kemudian mobil masih distarter terus maka akan menambah part yang akan rusak.

Terkadang pemilik kendaraan mobilnya mogok itu ya tidak ada bensin atau yang rusak apa tidak paham.Masih saja di starter bolak balik sambil diga jika perlu berharap agar mesin mau menyala.Bukan malah mesin hidup tapi membuat part banyak yang rusak ,patah bahkan bisa jadi bengkok.

Kok bisa itu gimana ,malah tambah rusak ?Karena dalam hal ini timing belt yang putus maka membuat putaran mesin dan putaran camshaft tidak seimbang sesuai dengan tanda timingnya.Piston dan valve tidak sesuai pergerakanya bahkan bisa saling berbenturan menyebabkan jadi bengkok atau patah.

Yang rusak bahkan bisa membuat camshaftnya bengkok dan rocker arm patah.Biaya yang ditimbulkan juga akan semakin membbengkak dan membuat dompet kita terkuras banyak.Salah satu kelemahan timing belt adalah putus itu namun bisa di antisipasi dengan rutin melakukan perawatan berkala.

Baca juga lakukan perawatan berkala agar terhindar dari kerusakan yg tiba tiba

Memeriksakan kondisi timing belt dan lakukan penggantian setelah kilometernya tercapai atau bahkan mendekati akan tercapai karena kita was was atau mau perjalanan jauh.Biar aman diganti sebelum waktunya tercapai di kilometer tertentu.

Ganti timing belt umur mobil 7 tahun

Dari pabrik itu penggantian timing belt di 100.000 km namun alangkah baiknya diganti di kilometer 80.000 - 90.000 kilometer agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal yaitu tiba tiba putus.Karena karet timing belt ada masa usianya dan akan cepat rusak jika cara mengendarai mobilnya juga secara kasar dan pastinya akan berpengaruh ke umur timing beltnya

Komentar