Kendaraan dengan penggerak roda belakang menggunakan
differential untuk membagi putaran roda kanan dan kiri.Jadi setiap kendaraan
penggerak roda belakang pasti menggunakan gardan atau differential.
Jika terjadi masalah pada differentialnya maka akan timbul
trouble suara abnormal saat jalan.Yaitu suara dengung saat kendaraan berjalan
dikecepatan tertentu.Jadi suara ini sangat berisik dan mengganggu
pengemudi.Mengapa bisa terjadi bunyi abnormal mari kita bahas permasalahan di
artikel kali ini.
Jumlah oli yang berkurang akan membuat pelumasan di gardan
menjadi tidak maksimal.Akan terjadi gesekan diantara gigi gardan yang akhirnya
akan cepat aus begitu juga pada bearing differentialnya.Untuk itu selalu periksa
kondisi gardan dari kebocoran dan rembesan olinya.
Berdengung itu terjadi karena tidak pernah ganti oli
sehingga kualitas oli gardan akan menurun dan terjadi keausan di
differentialnya.Terjadi celah diantara gigi gardan atau bahasa tekniknya adalah
backlash.Apabil celah ini terlalu besar maka akan timbul suara berdengung
dikendaraan saat kendaraan berjalan di kecepatan tertentu.
Dengan kondisi ring gear yang sudah aus pada giginya maka
akan membuat suara dengung.Ausnya gigi differential karena pemakaian yang
kurang perawatan.Antara lain penggantian oli secara rutin.Cara pemakaian yang
tidak wajar yaitu seperti menggunakan gigi transmisi besar namun kendaraan
berjalan lambat.Maka akan membuat gigi di differentialnya akan semakin terkikis
dan akhirnya aus.
Rembesan akan terlihat disekitar gardan dan kita harus tahu
penyebabnya dari mana.Apakah dari perpak gardan atau dari sealnya yang sudah
tidak dapat bekerja dengan baik.Seal akan menahan oli differential sehingga
jumlah oli akan tetap stabil didalam gardan.Jika jumlahnya berkurang maka akan
membuat abnormal dan kerusakan pada differentialnya.
Jika sudah muncul suara dengung maka dapat dipastikan
backlash sudah besar celahnya.Perlu dilakukan setel backlash dan menurunkan
gardan dari housingnya.Apabila gear sudah aus maka meskipun dilakukan stel
backlash akan tetap bunyi gardanya.Harus ganti gardan secara assy yaitu ring
gear set bersama pinionya.
Perlu diketahui bahwa jika oli differential diganti secara
rutin maka sisa bram atau kotoran akan ikut keluar saat oli dikuras.Jangan
takut gardan akan bengung jika penggantian oli gardan dilakukan secara
rutin.Gunakan oli terbaik dan oli khusus untuk diffrential.Karena oli gear
gardan berbeda dengan type dari oli mesin dan transmisinya.
Setelah penggantian ring gear set juga perlu dilakukan
pemeriksaan terhadap bearing samping kanan dan kiri.Jika sudah aus maka perlu
dilakukan penggantian side bearing dengan yang baru.Banyak yang sudah dilakukan
penggantian ring gear set namun bearing tidak diganti masih timbul bunyi
abnormal dikendaraan.
Untuk itu bearing side dan juga bearing pinion atau sering
disebut gigi nanasan sebaiknya diganti juga karena oli yang lama tidak diganti
akan berakibat jelek terhadap bearing.Pelumasan yang tidak baik membuat bearing
akan rusak yaitu aus di sisinya.Dengan ganti semua bearing dan ring gear set
maka bunyi abnormal pada differential akan hilang.
Penggantian seal diferential dilakukan tanpa harus
membongkar gardanya.Cukup melepas propeler shaft yang nantinya akan terlihat
pengunci dari bagian yang berhubungan dengan pinionnya.Setelah dilepas terlihat
seal kemudian lepas sealnya dan ganti dengan yang baru.
Differential perlu dilakukan perawatan secara rutin untuk
penggantian oli gardanya.Yaitu setiap kelipatan 30.000 km.Jangan hanya di
tambah saja atau dikurangi kemudian ditambah yang baru.Karena banyak pemilik
kendaraan beragumentasi bahwa jika oli gardan kendaraan baru jika di ganti akan
berdengung.
Setelah dilakukan penggantian sebaiknya anda pemilik
kendaraan selalu melakukan penggantian oli differential secara berkala agar
bearing dan ring gear dapat pelumasan yang baik.Sehingga akan awet dan usia
diffrential akan lebih lama.