Cara Memperbaiki Battery Secara Sederhana Dan Mudah


Kendaraan yang menggunakan battery dalam jangka waktu lama pasti akan mengalami kerusakan.Kerusakan di battery yang terjadi jika rusak harus ganti dan tidak bisa diperbaiki.Untuk harga battery memang tergolong mahal tergantung dari berapa besar amper yang akan diapaki.Semakin besar daya amper maka harga battery semakin mahal.

Khusus kendaraan yang dari dealer kebanyakan menggunakan battery type basah sehingga perlu di lakukan perawatan secara berkala.Pengisian jumlah air aki sesuai porsinya sehingga battery selalu dalam keadaan yang sehat.

Jika kendaraan sudah pemakaian hampir dua tahun maka harus waspada terhadap kondisi batterynya.Mungkin sudah lemah sehingga perlu di suntik agar sehat kembali menurut dokter.Namun bukan suntik seperti pada umumnya orang berobat, akan tetapi dengan cara khusus untuk membersihkan battery agar kembali sehat.

Cara sederhanayang bisa anda lakukan sendiri dirumah yaitu dengan cara sebagai berikut:
1.Ambil battery dari kendaraan,lepas semua terminal battery.Angkat dan buka penutup battery lalu posisikan terbalik sampai semua air didalam battery keluar semua.

2.Isi battery dengan air panas sampai ke posisi upper level,kemudian dikocok-kocokan sampai air daialam battery bergerak dan dapat membilas semua komponen didalam battery.Setelah selesai maka buang kembali air tersebut sampai bersih.

3.Bilas lagi dengan air panas kemudian lakukan seperti pada point no 2 sampai terlihat air berubah warna hitam yang menandakan bahwa aki kotoranya sudah larut.Bilas beberapa kali sampai didapatkan kondisi air didalam battery bening.Jika sudah bening maka proses bilas sudah cukup,menandakan bahwa kotoran sudah hilang didalam battery.

Info dan Tips memilih oli mesin terbaik untuk kendaraan anda

4.Battery posisikan terbalik sampai semua air keluar dari dalam battery.Harus benar kering dan kalau bisa tunggu beberapa jam sampai tidak ada air didalam battery.

5.Setelah kering isi battery dengan accu zuur sampai batas upper lever.Diamkan beberapa menit kemudian kita cash batery dengan alat khusus cash aki.Battery charging digunakan untuk mengisi kembali tegangan di battery agar kembali sehat.Charging selama kurang lebih 4 sampai 5 jam agar battery kembali ke kondisi baru.

Setelah semua selesai,battery sudah dicash maka siap untuk dipasang dikendaraan.Apabila kita sudah melakukan seperti ini akan tetapi battery tetap dalam kondisi drop maka kemungkinan cell battery sudah rusak.Kondisi ini bisa ditandai dengan saat pagi hari kendaraan tidak bisa starter.Bahwa tegangan aki kembali hilang selama hampir satu malam tadi.Jika demikian maka harus ganti battery assy.

Baca juga Penyebab gardan mbengung pada kendaraan truck

Proses perbaikan aki secara sederhana ini bisa anda lakukan setiap 6 bulan sekali sehingga kondisi battery tetap prima sehingga umur battery akan lebih awet.Bisa sampai 2 tahun bahkan lebih.Dan perawatan ini hanya bisa untuk battery jenis basah.