Kapan Waktunya Ganti Saringan AC Pada Mobil


Berbicara tentang kebersihan dari ruang kabin kendaraan maka untuk itu diperlukan yang namanya filter ac.Setiap kendaraan hampir menggunakan system ac di ruang kabin agar terasa nyaman saat dikendarai terutama pada siang hari.Udara didalam kabin terasa dingin dan adem sehingga penumpang lebih enak dalam perjalanan.

Perlu diketahui sering terjadi trouble pada kendaraan yang mengeluhkan kendaraanya menjadi tidak dingin di system ac.Karena ac yang tidak dingin dapat disebabkan oleh banyak faktor.Dan yang paling sederhana adalah kerusakan dari komponen filter ac atau saringan ac.

Lokasi saringan ac ini ada di atas blower yang berfungsi untuk menyaring udara sebelum masuk ke system air conditioner ( ac ).Sehingga udara yang keluar dari kisi-kisi dashboard akan lebih bersih dan segar.Udara dalam kabin akan sehat otomatis penumpang juga akan lebih tenang.

Banyak dari pengguna yang tidak mengerti akan fungsi dari filter ac.Mungkin juga ada yang tidak tahu bahwa system ac dimobil ada saringanya.Bahwa setiap kendaraan semua sistem hampir ada saringan.Seperti saringan udara,saringan bahan bakar dan saringan oli yang fungsinya sama sebagai penyaring.

Info service Penyebab gardan mbengung pada mitsubishi truck canter

Penggantian filter ac sebaiknya dilakukan setiap 10.000 kilometer secara berkala.Lebih baik lagi setiap 5000 kilometer dilakukan pembersihan filter ac.Sehingga filter akan selalu dalam kondisi yang bersih.Dan penggantian ini juga tergantung dari kondisi jalan yang sering dilalui.Karena untuk jalan yang berdebu maka saringan ini akan cepat sekali kotor.

Jika kotor maka pengaruhnya ke system ac mobil.Udara tidak lagi dingin karena terhambat kotoran yang menempel di filter ac.Untuk kondisi filter ac yang baru berupa warna putih dan jika kotor akan berubah warna coklat dan sampai warna hitam pekat.Warna yang sudah seperti ini maka sebaiknya harus ganti sehingga ac akan kembali normal.

Demikian untuk informasi penggantian filter ac pada mobi.Jika sudah terasa ac tidak dingin maka langkah pertama adalah pemeriksaan terhadap kondisi filter acnya.Jika kotor sedikit sebaiknya dibersihkan dan jika kotor sudah banyak maka wajib ganti.

Baca juga Penyebab rem ambles pada mobil I Type rem cakram