Indikator ABS Menyala Pada Mistubsihi Xpander,Ini Penyebabnya I Anti Lock Brake System


Suatu hari dibengkel kami kedatangan tamu mitsubishi xpander yang mengeluhkan tentang indikator di dashboard yang masih menyala.Dimana kendaraan ini masih tergolong baru.Dan memang setelah kami lakukan pemeriksaan ada yang aneh di indikatornya.

Bahwa untuk indikator semua akan menyala pada waktu kunci kontak on.Dan akan mati sendiri semuanya ketika kendaraan enginenya menyala.Setelah engine on ternyata ada indikator yang menyala yaitu di ABS system.

Setelah dilakukan pemeriksaan dengan scan injeksi di menu ABS maka muncul abs service required.Tidak diketahui muncul kerusakan langsung dari apanya namun setelah data list di lihat untuk wheel speed sensor roda belakang kanan tidak memberikan nilai.Nilai wheel speed sendor untuk roda lainya dapat muncul ketika roda diputar.

Untuk roda belakang kiri ketika diputar di data list masih terlihat angka nol.Seharusnya ketika roda diputar menunjukan nilai putaran roda sesuai kecepatan roda.Jika sudah demikian yang harus diperiksa adalah dari wheel speed sensor.Jalur kabel dari wheel speed sensor ke abs control unit.

Info trouble Alasan mengapa water pump direndam selama proses overhoule engine

Untuk wheel speed sensor ketika diperiksa masih dalam kondisi baik.Untuk memastikannya lagi dicoba di roda sebelahnya yaitu sebelah kiri,dan ternyata muncul nilainya seteah roda diputar.Menandakan wheel speed sensor dalam keadaan baik.

Periksa di wiring system di urut semua kabel dari belakang sampai ke depan.Dari wheel speed sensor ke abs control unit.Dengan menggunakan ohm meter periksa hubungan kabel dengan terlebih dahulu melepas kabel ground battery.

Dari sini ternyata kabel tidak terhubung menandakan ada yang putus.Semua kabel di buka dan ternyata ada satu kabel yang memang terputus jalurnya.Kabel ada disebelah kanan bagian bawah driver.Kabel kita potong kemudian kita sambung dengan cara di solder agar hasil sambungan merekat dengan sempurna.

Setelah selesai dirapikan semua komponen dan jalur wiring harnesnya.Semuanya dipasang dan data trouble di scan kita hapus terlebih dahulu agar indikator tidak menyala kembali.Jika data trouble ko=ita hapus akan tetapi masalah tidak diperbaiki maka indikaktor itu akan tetap menyala.

Setelah dihapus kemudian engine dinyalakan.Indikator masti semua termasuk indikator abs system.Test drive sambil dilakukan pengereman juga trouble tidak muncul.Data di wheel speed sensor belakang kanan sudah muncul angkanya ketika roda diputar.

Info dan Tips untuk mengetahui waktunya ganti kampas kopling

Kesimpulanya adalah kerusakan ada di wiring harnes yang suplai arus ke wheel speed sensor terputus.Akhirnya indikator abs system menyala.Setelah diperbaiki akhirnya indikator mati dan system rem normal kembali.