Tips Mengetahui System PoWer Steering Bermasalah


Masih seputar informasi tentang dunia otomotif ,dalam artikel ini saya akan memberikan tips mengenai system power steering pada kendaraan.Banyak sekali kendaraan yang sudah menggunakan system power steering.Baik itu dikendaraan kecil dan besar sekelas truck atau trontonnya.

Namun dengan adanya system power steering pada kendaraan driver akan lebih mudah dalam mengoperasikan kendaraanya.Lebih ringan tentunya dan stabil saat jalan tidak rata.Yang perlu diketahui adalah cara merawat system power steering pada kendaraan.

Dimana system power steering yang masih menggunakan system hidrolik maka perlu diperiksa secara berkala.Karena dengan umur kendaraan yang sudah tua maka perlu dilakukan pemeriksaan jumlah minyak power steeringnya.Karena umur kendaraan yang sudah tua maka fungsi seal akan berkurang.

Maka terjadilah rembesan atau kebocoran pada system power steeringnya.Jika terjadi bocor maka harus segera diperbaiki agar tidak terjadi kerusakan pada komponen lainnya.Juga berpengaruh terhadap steering yang akan menjadi berat.

Jadi untuk perawatannya yaitu dengan selalu memeriksa jumlah minyak power steering.Mungkin saat pagi satu minggu sekali dilihat jumlah minyaknya di reservoir.Apakah berkurang atau tidak ,bisa dilihat dari batas min dan batas maxnya.

Apabila minyak power steering berada di bawah batas min hal ini menandakan jumlah minyak power steering berkurang mungkin ada kebocoran.Selalu tambah sampai batas max di reservoirnya.Agar system power steering dapat bekerja dengan baik ketika jumlah minyaknya sesuai standar.

Baca juga Salah satu penyebab rem keras pada kendaraan

Kemudian setelah beberapa hari atau minggu periksa kembali jumlah minya power steeringnya.Jika jumlahnya berkurang lagi dalam jumlah banyak maka pasti ada kebocoran power stering.Namun jika berkurang sedikit dalam jangka waktu lama,misalkan dua bualan atau 6 bulan maka itu masih dalam tahap wajar karena kendaraan yang berumur.

Jika berkurangnya seperti tadi yang berlebih maka segera periksakan ke bengkel terdekat agar segera di perbaiki.Apabila masih belum bisa kebengkel karena masalah budget maka bisa beli minyak power steering sebagai cadangan.Apabila jumlahnya kurang langsung di tambah sesuai ukuran.Jangan sampai telat isi minyak power steering.Demikian informasi mengenai system power steering pada kendaraan semoga bermanfaat.

Info service Informasi harga meter clucter ( Odometer ) pada truck mitsubishi canter