Efek Pada Engine Jika Terjadi Kehabisan Air Radiator Pada Mitsubishi Canter


Banyak kasus dari kendaraan yang mnegalami masalah tentang temperaturnya.Dari yang kurang air radiator karena terjadi rembesan atau kebocoran air di bagian komponen engine.Baik di radiator,selang,water pump atau komponen yang lainnya.

Untuk itu para driver atau pemilik kendaraan harus waspada dan hati-hati terhadap kondisi dari engine terutama pada kendaraan mitsubishi colt diesel canter.Canter ini jika terjadi kerusakan pada system pendinginnya akan berakibat pada engine.Di piston dan cylinder liner akan aus dan membekas seperti baretan.

Itu dikarenakan pada saat terjadi over heat dan panas membuat piston dan cylinder block memuai dan pelumasan yang kurang baik membuat aus dan baretan pada piston juga linernya.Apabila sudah terjadi demikian maka suara engine akan kasar sekali.Saat stasioner tidak begitu kasar akan tetapi saat kendaraan di akselerasi akan terdengar sangat keras.

Suara kasar itu diakibatkan hantaman piston terhadap dinding cylinder sehingga saat putaran mesin lebih cepat akan membuat pukulan lebih cepat yang akhirnya suara engine kasar.Hal yang harus dilakukan adalah over houle engine.Lakukan penggantian piston dan cylinder liner yang rusak.

Baca juga Kapan waktunya ganti saringan AC pada mobil

Bisa diganti semua untuk di oversize atau di kembalikan lagi ke piston standartnya.Bisa juga diganti hanya pada bagian yang rusak saja.Biasanya untuk yang rusak jika terjadi over heat adalah piston untuk no 2 dan 3.Bagian tengah yang rusak namun juga bisa berbeda tergantung saat kondisi kita membongkarnya.

Perbaikan ini juga memerlukan biaya yang tidak cukup sedikit sehingga agar lebuh waspada terhadap kondisi cooling system di kendaraan.Harus setiap saat dicek di reservoir apakah masih dalam posisi yang wajar untuk jumlah air coolantnya.

Sehingga tidak akan terjadi engine over heat.Atau kita sebagai driver harus mengetahui indikator dan control di dashboard sehingga ketika ada yang tidak normal maka segera kita hentikan kendaraan dan dilakukan pemeriksaan.Karena dengan mencegah akan membuat kerusakan di engine dapat di minimalisir.

Info teknik perlukah minyak rem diganti secara berkala pada mobil