Oli mesin tidak naik ke silinder head pada kendaraan,Ini penyebabnya


Kendaraan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari maka juga akan merasa lelah.Mesin yang panas dan kondisi engine perlu perawatan secara berkala.Termasuk penggantian oli mesin dan filter oli agar kendaraan kembali fresh.

Kerak karbon dan sisa hasil gesekan komponen engine juga akan rontok dan terlarut didalam oli bekas.Dengan kualitas oli yang baik maka pelumasan komponen engine akan membuat lebih awet.Kadang banyak pemilik kendaraan yang tidak mengerti atau memang lupa bahwa kendaraannya waktunya ganti oli mesin.

Dengan dalih lebih hemat atau irit maka pemilihan oli juga pilih harga yang murah.Kita tidak tahu oli tersebut apakah murah dengan kualitas bagus atau murah dengan kualitas tidak baik.Alhasil nanti di kendaraan akan terjadi lumpur menempel di komponen part.

Kotoran itu akan membuat saluran atau lubang oli didalam engine akan tertutup lama kelamaan.Dengan saluran oli tertutup maka efeknya pertama pada engine adalah suara engine menjadi kasar.saat stasioner kasar dan lebih kasar lagi ketika engine diakselerasi.

Pertama yang kita periksa ketika engine suara kasar adalah dengan membuka tutup oli mesin yang ada diatas cover klepnya.sambil kendaraan hidup kemudian tutup dibuka dan di kasih lampu untuk mleihat apakah oli bisa bersirkulasi sampai ke bagian klep mobil.

Jika oli tidak naik maka kendaraan timbul suara kasar,bisa dari oil pump yang sudah aus sehingga tekanan oli akan turun dan tidak bisa sampai atas ke bagian cylinder head.Yang sering terjadi bukan dari oil pump akan tetapi oil stariner yaitu saringan oli mesin yang ada didalam carter.

Baca juga penyebab indikator ABS mitsubishi xpander menyala

Oil strainer iki tersumbat oleh kotoran seperti lumpur yang sudah mengering.Maka aliran oli mesin tidak bisa naik dan menyebabkan engine suara kasar.Dengan over houle carter dan membersihkan oil stariner maka oil bisa bersirkulasi lancar kembali.

Tersumbatnya lubang dan oil strainer disebabkan oleh pemakaian oli mesin yang tidak menggunakan genuine part.Oli aba-abal atau palsu sehingga bukan sebagai pelumas akan tetapi akan mengendap seperti lumpur.Untuk itu lebih baik gunakan oli mesin yang berkualitas tentunya dari dealer dijamin keaslianya.

Info dan tips cara mengetahui system rem bermasalah pada mobil