Triton 2016 kenapa muncul ETACS di monitor,Ini penyebabnya


Kendaraan mitsubishi triton ada yang single cabin dan double cabin.Untuk single cabin masih menggunakan engine 4D56 type diesel convensional.Akan tetapi untuk triton double cabin menggunakan engine 4D56 type common rail system.

Dengan type engine comon rail maka menggunakan pengontrola secara electronic.Baik itu di engine,system rem dan kelistrikan lampunya.Disini saya akan memberikan informasi mengenai system electrical kendaraan.

Dari lampu kota,headlamp dan lampu sein dikontrol juga menggunakan sebuah ETACS.Bisa diartikan etacs ini adalah semacam control unit untuk mengatur kelistrikan engine.Semua relay lampu dari lampu kota,sein dan head lamp ada didalam etacs tersebut.

Jika terjadi kerusakan didalam etacs maka akan berakibat pada lampu-lampunya.Lampu bisa mati meskipun posisi fuse dalam kondisi normal.Switch juga normal sehingga jika wiring dalam keadaan yang baik maka bisa kemungkinan etacs yang rusak.Yaitu relay mengalami kerusakan maka akan berakibat lmpu mati.Jika relay rusak maka maka yang diganti adalah etacnya.

Etacs sendiri harganya cukup mahal jadi ketika rusak lampu kota saja dan lampu headlamp yang lain huga sein masih normal maka harus ganti etascnya.Untuk itu harus hati-hati ketika akan modifikasi atau variasi kelistrikan.

Baca juga oli terbaik untuk kendaraan mitsubishi diesel

Pasang variasi lampu jangan asal jumper kabel tetapi harus menggunakan sebuah fuse dan relay tambahan.Jumper juga langsung saja dari terminal battery jangan dari kabel yang berhubungan dengan etacs kendaraan.

Jika terjadi konslet maka hanya fuse dan kabel variasi tadi yang rusak.Tidak akan merusak jaringan kabel asli bawaan mobil dan tentunya komponen etacs.banyak kasus terjadi lampu kota mati disebabkan oleh etacs.Untuk menghidupkan lampu kota harus merogoh uang yang banyak.Berbeda jika pasang variasi yang menggunakan jalur kusus sehingga apabila terjadi konslet etacs masih aman.

Info teknik tips mengetahui system rem bermasalah pada mobil