Vios macet gak mau stater mungkin ini penyebabnya


Kendaraan yang dipakai tiba-tiba mengalami kendala atau macet itu merupakan hal yang sangat menjengkelkan.Banyak terjadi ketika kita berjalan dan istirahat entah itu makan atau yang lainnya.Tiba-tiba saat kendaraan akan melanjutkan perjalanan engine tidak bisa starter.

Banyak kasus seperti ini adalah karena battery yang tekor atau tidak kuat starter.Untuk aki yang rusak bisa diprediksi dengan cara yaitu saat kendaraan dilakukan start maka engine sangat berat dalam berputar.Kadang hanya bunyi cetek-cetek saja pada motor starternya.

Itu dikarenakan tegangan aki sudah lemah sehingga tegangan dari battery tidak mampu untuk mensuplai ke motor starter untuk memutar engine.Apabila hal ini terjadi harus melepas battery dan di strum atau dicharger agar tegangan menjadi stabil lagi.Namun ini digunakan untuk beberapa saat saja karena urgent perjalanan.

Atau dengan mengganti battery secara langsung sehingga nantinya tidak akan terjadi mogok lagi dijalan karena akan merepotkan.Untuk itu pemeriksaan battery dilakukan setiap seminggu sekali dengan cara memeriksa air akinya.Apakah kurang atau tidak dan jika kurang maka perlu ditambah agar tidak kering.

APabila air aki sampai habis dan kering maka akan membuat umur battery menjadi endek dan cepat rusak.Terminal aki harus bebas dari kotoran dan selalu dalam keadaan kencang dan tidak kendor.Karena jika kendor berakibat tegangan ke system electricala kan terganggu termasuk yang masuk ke starter motor.

Baca juga Oli terbaik untuk kendaraan diesel engine

Sebaiknya ketika ganti battery baru harus ditulis tanggal penggantian bulan dan tahun berapa.Ditulis di body battery yang terlihat sehingga nantinya ketika kita memeriksa battery akan mengetahui kapan kita ganti battery terakhir.Karena umur battery maksimal 2 tahun jika kita rutin merawat dengan kondisi kendaraan selalu berjalan.

Kadang ada jugayang umurnya hanya satu tahun sudah minta ganti karena memang perawatan atau kualitas battery.Untuk battery bawaan mobil baru biasanya bisa bertahan sampai 5 tahun dan setelah penggantian yang kedua hanya  1 atau 2 tahun sudah minta ganti lagi.

Untuk menghindari mogok dijalan karena tidak kuat starter yang diakibatkan oleh battery tadi maka selalu lakukan ha;l di atas.memeriksa air aki,terminal dan memeriksa umur battery mobil kita.Dengan begitu jika kita mengatahui kapan ganti battery maka bisa siap-siap dana untuk membeli battery baru agar engine dan mobil dalam kondisi sehat kelsitrikanya.

Info trouble penyebab indikator ABS menyala pada Mitsubishi Xpander