Jelaskan fungsi regulator valve pada power steering pump



Kendaraan yang sudah menggunakan power steering sering kali mengalami kerusakan.Dimana kendaraan ini yang sudah menggunakan power steering terjadi kerusakan steering menjadi berat.Ketika kendaraan berjalan dan steering berat akan sangat tidak nyaman bagi pengendara kendaraan.

Steering berat bisa diakibatkan banyak faktor.Antara lain minyak power steering yang rembes atau bocor dan sampai habis.Busing yang macet akan berpengaruh juga terhadap daya steering kendaraan.Tierod,ball joint macet juga berpengaruh namun ada hal yang sangat penting yaitu tekanan minyak power steering yang lemah.

Minyak power steering sangat tinggi tekananya setelah dipompa oleh pompa power steering yang digerakan oleh fan belt dengan bantuan engine.Jadi engine berputar menggunakan sarana fan belt agar pompa power steering bekerja.

Tekanan minyak power steering yang lemah akan mengakibatkan daya dorong terhadap rack and pinion atau gearbognya berkurang.Gerakan daya dorong tidak maksimal maka tangan saat memutar steering menjadi lebih berat.Semakin tinggi putaran engine maka semakin tingi putaran pompa power steering pada kendaraan.

Agar tidak terjadi tekanan yang over karena pengaruh dari putaran engine maka didalam power steering dilengkapi dengan yang namanya regulator valve.Dimana valve ini ada didalam power steering pump.Jadi bekerja ketika kendaraan berjalan dengan kecepatan tinggi maka tekanan pompa dibuat stabil sesuai dengan batas tekanan yang ditentukan.

Baca juga permasalahan yang sering terjadi pada cooling system mobil

Meskipun kendaraan berjalan kecepatan tinggi dan engine berputar cepat maka akan terjadi tekanan minyak power steeringnya.Sehingga tidak terjadi tekanan berlebih yang bisa mengakibatkan seal dan komponen lain rusak.Maka dengan adanya regulator valve tersebut tekanan minyak yang tinggi akan dikembalikan ke bagian reservoir.

Dengan adanya komponen itu maka steering akan tetap stabil dan tidak terlalu ringan saat kecepatan tinggi.Begitu juga saat kendaraan berhenti steering akan tetap ringan dan tangan kita tidak mudah lelah.Selalu periksa jumlah minyak power steering anda jika nanti berkurang segera ditambah agar tidak terjadi steering menjadi berat.

Info service Tips mengetahui power steering bermasalah