AKI BASAH atau KERING !!! Inilah Cara Merawat Aki Pada Mobil Secara Mudah


Bahwa aki sering terjadi kerusakan yang mendadak dimana ketika digunakan masih dalam keadaan sehat untuk bisa starter.Namun setelah berjalan beberapa kilometer untuk perjalanan jauh saat istirahat dan parkir agak lama tiba-tiba kendaraan tidak bisa starter.

Seperti aki tekor tidak ada tegangan di aki sehingga tidak mampu untuk memutarkan motor starter.Dan ternyata setelah dicek penggantian aki tertera sudah kelewat 3 tahun yang lalu.Karena biasanya untuk toko aki memberikan tanggal penggantian yang ditulis pada body aki itu.

Maka dari artikel ini saya akan bahas mengenai permasalahan aki pada mobil.Dimana aki yang baik itu kering ataupun basah saat pemilihan pertama mau beli aki.Keduanya adalah baik namun ada kecenderungan untuk sisi kekuranganya.

Untuk aki kering memang bebas perawatan tidak usah kita memeriksa jumlah air aki pada mobil.Cukup memeriksa kondisi terminal aki akan kotoran dan kerak yang menempel.Namun sisi kekurangan adalah jika aki kering sudah drop dan rusak maka harus ganti meskipun itu masih bisa di charger untuk sementara.

Pemilihan aki basah juga tidak ada salahnya karena jika aki basah bisa di bersihkan dalamnya dengan menggunakan air hangat kemudian dibilas.Dikasih accu zur lagi dan proses di charging maka performa aki akan menjadi seperti baru lagi.

Memang perlu perawatan yang lebih extra pada mobil dengan aki basah.Jika lupa isi air aki pada mobil akan cepat rusak karena panas.Cell yang ada didalamnya ketika terjadi pengisian dari dinamo amper akan panas jika tidak ada air aki.

Info service salah Satu Penyebab Temperatur Panas Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

Perlu selalu dicek jumlah air aki pada mobil setiap seminggu sekali.Jika kurang ditambah dan jangan sampai terlalu banyak karena bisa membuat adanya kerak putih menempel di terminal aki.Cukup di paskan sesuai dengan garis atas untuk pengisian air aki pada mobil.

Dan yang terakhir informasi dari saya adalah ketika penggantian aki catat dan ingat untuk tanggal sebaiknya ditulis pada body aki mobil.Sehingga ketika kita sedang membersihkan bagian engine maka bisa dilihat 

Baca juga Tips mengetahui system rem pada mobil terjadi kebocoran

Komentar