XPANDER KACA SIPON ERRORR !!! Inilah Penyebab Kerusakannya Yang Terjadi_Ganti Saja .


Kendaraan sekarang ini banyak dengan fitur teknologi yang moderen.Untuk masalah spion saja dulu kendaraan konvensional belum ada yang namanya electric spion.Bisa dikontrol secara otomatis hanya dengan sebuah tombol.

Spion bisa dibuka dan ditutup menggunakan tangan secara manual.Ketika melewati jalan sempit maka spion di tarik ke arah dalam untuk melipatnya dengan manual menggunakan tangan.Begitu juga untuk kaca spion konvensional untuk dapat melihat bagian sebelah kanan atau kiri kendaraan diperlukan stelan yang pas.Yaitu kaca di geser kekanan atau kekiri dan keatas atau ke bawah.Sehingga terlihat jelas jika ada objek di bagian samping kendaraan.

Dengan perkembangan jaman maka spion dan kaca spion sudah berubah dari manual ke electric.Namun ketika yang electric rusak maka perbaikanya kadang harus ganti assy atau seglondong.Dan juga untuk spion electric ketika di tutup paksa secara manual maka bisa menyebabkan motor didalamnya menjadi error sehingga tidak bisa menutup secara otomatis.

Disini pernah saya temukan kerusakan tentang electric mirror atau kaca spion yang tidak berfungsi dengan baik.Bukan dari masalah motor kaca spionnya yang rusak.Akan tetapi dari switch electric mirronnya yang bermasalah.

Trouble ini terjadi dikendaraan mitsubishi xpander dimana ketika posisi switch di posisikan ke spion kanan maka hanya bagian stelan keatas dan kebawah tidak berfungsi dengan baik.Namun untuk yang stelan ke kanan dan kiri normal.Untuk posisi spion kiri stelan keatas dan kebawah dalam keadaan normal.


Setelah dicek mengguanakan sebuah avometer,tegangan yang keluar dari switch tidak ada yang menuju ke motor kaca spion.Maka analisanya adalah switch mirror dalam keadaan russak sehingga perlu diganti.


Ganti original part dengan kode 8608A340 bisa anda pesan di dealer resmi mitsubishi atau di marketplace.Harga terjangkau sehingga saya sarankan jika mobil mitsubishi xpander anda mengalami trouble yang sama sesuai yang saya jelaskan di atas maka kemungkinan switchnya yan rusak.

Komentar