Cara Pengencangan Baut Tap Oli Secara Benar Agar Tidak Terjadi Hal Berikut Ini


Dunia otomotif kali ini memberikan informasi bagaimana cara yang benar untuk mengencangkan sebuah baut tap oli.Karena meskipun sepele jika tidak mempunyai teknik yang benar maka akan berakibat fatal pada kendaraan.

Oli kendaraan itu ada engine oil,tranmsision oil dan diffrential oil.Meskipun berbeda namun tetap sama untuk cara pengurasan dan pengisian.Ini yang sering terjadi kerusakan pada baut tap oli baik itu tap oli untuk pengurasan atau pengisian.

Kali ini yang dibahas adalah tentang transmision oil yang dimana baut tap oli dan tap untuk pengisian berbeda.Karena untuk baut tap oli pengurasan menggunakan sebuah magnet yang dimana berfungsi untuk menarik dan mengumpulkan serbuk besi sisa hasil komponen yang aus.Berbeda untuk baut tap pengisian tidak terdapat sebuah magnet.

Untuk itu pasang baut secara benar untuk baut pengisian atau baut untuk pengurasan.Karena kendaraan sekarang ini pada transmisi menggunakan bahan aluminium alloy sehingga perlu diwaspadai saat pemasangan baut tap olinya.Selalu gunakan momen yang benar agar tidak terjadi over torque.

Mengapa demikian karena jika baut over torque akan berakibat saat kendaraan dilakukan pengurasan maka baut tersebut akan sulit dibuka.Hal yang sering terjadi adalah rumah baut tap tersebut akan pecah atau retak seperti pada gambar diatas.Ini terjadi pada kendaraan mitsubishi fuso truck colt diesel canter.Jika sampai terjadi demikian dan oli rembes atau bocor maka akan berakibat kerusakan pada komponen transmisinya.

Baca juga Kerusakan yang sering terjadi pada power steering

Cara perbaikan jika terjadi seperti ini adalah harus dilakukan transmision over houle.Semua komponen tranmsisi dilepas dan rumahnya di perbaiki dengan cara dilas menggunakan bahan aluminium.Perbaikan yang rapi dan presisi akan berakibat hasil yang bagus dan oli tidak rembes kembali.

Perhatikan selalu saat pengencangan baut tap oli agar tidak terjadi demikian.Momen sesuai pengencangan dan lakukan jangan terlalu kuat agar tidak retak karena bahan yang sangat ringan dan mudah retak.Jika perlu gunakan lem treebond sebagai segel atau penutup agar kekuatan baut tap oli menjadi semakin kuat meskipun momen pengencangannya sesuai.

Artikel terkait
 Tanda timing gear ford ranger WL diesel
 Penyebab suara kasar pada mobil saat starter